Talak 'IRI'


Kita semua pasti pernah merasa iri pada sesuatu karena emang dunia ini udah cukup bikin hidup kita iri dan selalu bilang dengan lantang “enak ya hidup dia”. 

Sebuah pembuka suatu blog yang akan tertebak isi nya apa kan?

Beberapa hari belakangan ini karena lumayan nganggur dan jadi punya banyak waktu buat liat temen-temen di sosial media beserta ke-happy-an nya menjadikan manusia seperti aku ini terbawa perasaan yang macam-macam dan jatohnya lebih dari iri. 

Ada sebuah kalimat, kira-kira begini ‘hidup udah susah jadi nggak usah dibikin makin susah sama hal-hal yang sengaja kita cari’. Sering juga kita denger kalimat sinis “orang itu nganggur banget ya sampai sempat ngurusin hidup orang?” dan jawabannya iya. Nganggur itu dampaknya bisa bikin hati sakit, sakit yang kita buat sendiri. 

Beberapa hal yang sempet aku dapet dari liburan dan gewer-gewer di rumah selain me lemu kan pipi  adalah opini bahwa RUMPUT TETANGGA ‘TERLIHAT’ LEBIH HIJAU. 

Dari mulai ngeliat orang-orang yang bisa kumpul keluarga besarnya lengkap dan keliatan familyable banget, liburannya temen-temen yang cukup wah keliatannya nggak perlu mikir beli tiket paling murah tempat nginep yang diskon 70%, ya tapi lagi-lagi itu Cuma keliatannya. Ngeliat orang-orang yang masih kerja pas yang lain udah liburan dengan tenang di rumah tapi kerjaannya lumayan enak Cuma duduk-duduk doang. ngeliat banyak hal dan cukup membuat perasaan jadi rusuh pas udah nutup hp. 

Tapi ya itu, lagi-lagi itu Cuma keliatannya kita nggak pernah tau entah itu beneran seneng banget atau Cuma drama sosial media aja. 

Perasaan kita, utamanya buat yang cewek-cewek  emang sepertinya lebih gampang dibikin takjub sama hal-hal yang berbau dunia, uang dan hura-hura ya? Atau Cuma aku aja?

Dengan fase yang sama hati kita dibawa dan dipontang-pantingkan. Habis liat aplutan orang di media sosial, dilanjut nutup hp, dilanjut lagi merenung, dilanjut lagi kalimat copy paste semua kalangan “enak banget ya hidup dia”. Udah diakhiri titik.

Harusnya masih bisa dilanjut 

Eh tapi kan kita nggak tau ya itu beneran seneng atau enggak, eh tapi kan gak tau juga biar dia bisa kayak gitu dia musti ngapain, eh tapi gak tau ya kalau sebenarnya buat bisa kayak gitu harus susah payah, eh tapi yang pas liburan nggak kemana-mana, yang udah ditinggal pergi selama-lamanya sama bapak ibuknya, yang harus kerja dari pagi ketemu pagi tapi hasilnya nggak seberapa juga banyak banget. 

Bedanya Cuma mereka ngerasa nggak perlu ngerecokin hati sama bibit-bibit penyakit yang kita dapat dari si iri ini.

Suka takjub sama orang-orang yang hidupnya kecukupan, keluarganya adem ayem, kerjaan tinggal duduk uang dateng sendiri tapi nggak pernah ngeliatin di sosial media. Yang ada di hatiku Cuma satu “kok bisa ya? Nggak pengen gitu dapat cap dari orang-orang kalau hidupnya sempurna?” 

Orang-orang model gini masih dikit yang banyak yang kebalikannya, ya termasuk yang nulis ini. 

Apapun yang kita aplut bisa saja menjadikan orang-orang yang ngeliat jadi membuang waktunya lama Cuma buat merenungi nasibnya yang mungkin nggak seberuntung kita, jadi kehilangan rasa syukurnya. Dan yang ngeliat aplutan orang-orang yang hidupnya wah itu juga nggak usah dibikin terlalu baper. Keliatannya mungkin enak, udah nggak ada lagi yang perlu dikejar di dunia ini tapi kita juga nggak bener-bener tau beneran bahagia atau Cuma mau eksis di hadapan kita semua. 

Percaya aja, kalau apa yang udah kita dapat sekarang berarti itu yang udah cukup buat kita. Nanti kalau dibikin kaya bergelimang harta dan keluarga normal bisa jadi kita nggak ketemu orang-orang tulus yang sekarang ada di deket kita. Bisa aja kalau semua tinggal gesek dan tinggal telpon orangtua jadi nggak ngerti yang namanya nyari diskonan dan berpetualang seperti sherina. 

Tapi bisa juga, kalau kita nggak dibuat kaya raya bisa jadi hidup kita hanya berdiam diri memaki-maki Tuhan, menyalahkan orangtua atau nggak bisa berbagi sama sesama. 

Semua udah pada porsinya, kalau emang ditambah enaknya berati udah waktunya. Kalau emang diturunkan nikmatnya berarti kamu dirasa sanggup ngelwetaninnya. Semua bakal merasakan hidup enak dan nggak enak, tapi waktunya nggak mungkin sama. Udah gitu aja.

Komentar

  1. Coba kalau dibalik, yang di upload yang sengsaranya. Apa ke irian bisa bisa berubah jadi iba? Justru malah iyuh kan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer